DANA ABADI DAERAH (DAD)

By Fatin Nurainiyah Siregar 01 Jul 2022, 08:24:12 WIB UMUM
DANA ABADI DAERAH (DAD)

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Ainur Ochiem/RDR.BJN)


Dana Abadi Daerah (DAD) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) adalah  kendaraan  finansial  yang dimiliki oleh Negara yang memiliki atau mengatur dana publik dan menginvestasikannya ke aset–aset yang luas dan beragam. Secara sederhana, SWF adalah tabungan negara, kelebihan dana yang dimiliki oleh negara yang diinvestasikan dengan tujuan untuk return yang lebih besar lagi. Dengan adanya SWF diharapkan tidak ada ada penerimaan negara yang idle dan tidak dimanfaatkan. Penerimaan tersebut dapat diinvestasikan secara tepat dan bermutu sehingga dapat diperoleh return yang besar.[1]

Sumber dana SWF terdiri dari 2 macam yaitu berasal dari hasil sumber daya yang tidak dapat diperbaharui (minyak dan gas) dan yang kedua berasal dari dana berupa aset keuangan seperti: saham, obligasi, properti, logam mulia, dan instrumen keuangan. Berdasarkan tujuan investasinya, sovereign wealth fund dapat dibagi menjadi 5 kategori, yaitu :[2]

1.     Dana stabilisasi

Baca Lainnya :

Dana stabilisasi ditujukan untuk mempertahankan pendapatan negara. Hal ini dilakukan untuk menggantikan biaya fluktuasi yang mungkin terjadi pada harga komoditas.

2.     Dana tabungan untuk generasi masa depan

Generasi muda memiliki kebutuhan yang tidak sedikit pada masa yang akan datang. Untuk mewujudkan rencana-rencana yang ditujukan untuk membangun generasi mendatang, diperlukan dana yang tidak sedikit. Sovereign wealth fund dapat menjadi sumber dananya.

3.     Dana pensiun

Dana pensiun adalah dana yang dibutuhkan oleh generasi yang sudah mencapai masa pensiun. Melalui sovereign wealth fund, dana pensiun dapat diinvestasikan sebelum digunakan untuk memenuhi defisit sistem jaminan sosial yang mungkin terjadi pada masa mendatang.

4.     Dana cadangan investasi

Sumber dana untuk jenis SWF ini berasal dari cadangan devisa negara. Tujuan investasinya adalah untuk mengurangi biaya carry negatif saat mengelola cadangan devisa.

5.     Dana pengembangan strategis

Investasi melalui SWF juga bertujuan untuk mendukung pembangunan nasional, misalnya membangun infrastruktur. Dana hasil investasi juga bisa digunakan untuk mendukung industri strategis yang ada di dalam negeri. 

Dana Abadi Daerah (DAD) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) merupakan amanat dari Undang-undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah. Pembentukan Dana Abadi Daerah dimungkinkan bagi daerah yang memiliki kapasitas fiskal yang tinggi dengan pemenuhan kualitas pelayanan publik yang lebih baik. Adapun tujuan pembentukan Dana Abadi Daerah ini agar dapat menjadi opsi bagi kebermanfaatan lintas generasi dengan manfaat yang lebih luas.

Dana Abadi Daerah yang bersumber dari APBD bersifat abadi dan dana hasil pengelolaannya dapat digunakan untuk Belanja Daerah dengan tidak mengurangi dana pokok. Prinsip utama dari pengelolaan dana abadi ditetapkan dengan peraturan daerah, dikelola oleh Bendahara Umum Daerah dan dilakukan dalam investasi yang bebas dari risiko penurunan nilai. Adapun dana yang dipakai dari Dana Abadi Daerah adalah hasil investasi dari pokok dan digunakan untuk kesejahteraan publik seperti beasiswa, subsidi kesehatan, dan lainnya. Pembentukan Dana Abadi Daerah dimungkinkan untuk dibentuk oleh Pemerintah Daerah mengingat keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam membiayai pembangunan di seluruh Indonesia.

Tujuan pembentukan Dana Abadi Daerah untuk mendapat manfaat ekonomi, manfaat sosial, dan/atau manfaat lainnya, serta memberikan sumbangan kepada penerimaan daerah dan kemanfaatan umum lintas generasi. Pemerintah pusat saat ini memiliki dana abadi untuk LPDP, penelitian, perguruan tinggi, budaya, dan diharapkan untuk daerah-daerah yang memiliki sumber daya yang melimpah tidak harus menghabiskan anggarannya atau kemudian dipakai untuk belanja-belanja yang kualitasnya tidak langsung berhubungan dengan kemakmuran masyarakat.

Sebagai dana abadi yang dimiliki oleh suatu daerah, maka keberadaan Dana Abadi Daerah sangat penting. Di seluruh dunia, sejumlah negara besar telah melakukan metode ini untuk menjaga kestabilan ekonomi dalam negeri. Jadi, sovereign wealth fund ternyata memiliki tujuan yang sangat penting, khususnya bagi sebuah negara. Jika dikelola dengan baik, dana abadi ini dapat memajukan bangsa dengan meningkatkan stabilitas ekonominya.


[1] https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-sulseltrabar/baca-artikel/13739/Sovereign-Wealth-Funds-SWF.html

[2] https://www.akseleran.co.id/blog/sovereign-wealth-fund/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment